Apakah Lebih Baik Ditakuti daripada Dicintai?


Buku Sang Penguasa ini adalah karya Niccolo Machiavelli yang ia tulis pada tahun 1512 dan selesai tahun 1519. Judul aslinya adalah Il Principe dengan bahasa Italia. Di Indonesia, buku Il Principe ini telah diterbitkan lebih dari dua penerbit, dengan gaya bahasa penerjemah yang berbeda-beda pula. Secara subjektif, penulis lebih cocok dengan terjemahan Woekirsari yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama dari pada yang lain. Sebab, bahasanya mudah dimengerti dan nampak terang-terangan dalam membahsakan kalimat jahat/licik.

Buku Machiavelli tersebut berisi 26 bab. Secara umum, isi setiap bab memaparkan tentang fakta sejarah yang terjadi pada masa itu. Machiavelli dengan begitu apik menuliskan analisisnya yang tajam tentang dinamika politik dan tata cara diplomasi di negara-negara besar di Eropa, dan diorientasikan untuk memberi informasi mengenai cara merebut kekuasaan dan mempertahan-kannya.

Share on Google Plus

About Redaksi

Kota Barus adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Indonesia. Ibukota kecamatan ini berada di kelurahan Padang Masiang. Kota Barus sebagai kota Emporium dan pusat peradaban pada abad 1 – 17 M, dan disebut juga dengan nama lain, yaitu Fansur.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :