Kota Medan Juara Umum Festival Nasyid ke XX Sumut

BARUSNews | Kota Medan berhasil keluar sebagai juara umum Festival Nasyid ke – XX Tingkat Provinsi Sumatera tahun 2016 yang diselenggarakan di Lapangan Merdeka, Medan Barat, Rabu(6/12). Dengan ditetapkannya kota Medan sebagai Juara Umum, maka Festival Nasyid yang sempat vacum selama 5 tahun ini resmi ditutup oleh Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi.

Juara kedua pada Festival Nasyid ke XX tingkat Sumut diraih oleh Kabupaten Labuhan Batu Utara dan untuk Juara ketiga diraih oleh Kabupaten Serdang Bedagai. Hadiah langsung diserahkan Wali Kota Medan bersama Asisten Kesejahteraan Sosial Provinsi Sumut H Zulkarnain SH kepada para Pemenang.

Turut hadir Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya SE, Wakil Bupati Labusel, Drs Kholi Jufli, Ketua MUI Sumut, Drs Maratua Simanjuntak, Ketua Harian LPPSN Sumut Drs H Muid Isma Nasution, Ketua IPHI Sumut, H Ahmad Husein, dan Ketua Pengadilan Negeri Medan Holopan Nainggolan SH MH, Kabag Agama Kota Medan M Ilyas serta Para Pimpinan FKPD dan SKPD provsu maupun Pemko Medan.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi berharap Pelaksanaan Festival Nasyid ini dapat meninggalkan bekas dan pengaruh yang positif bagi pembinaan karakter pembinaan masyarakat, khususnya generasi muda yang tercermin dari meningkatnya pemahaman dan pengalaman nilai- nilai universal yang terkandung dalam jajaran agama islam.

“Melalui syair- syair- yang dikumandangkan, kita dapat merasakan bahwa islam selalu mengedepankan keimanan dan ketakwaan serta keikhlasan baik dalam urusan duniawi maupun Ukhrowi, sebab Islam adalah agama yang selalu mengajak kedamaian dan mengedepankan kerukunan, toleransi, kebersamaan dalam bingkai ukhuwah islamiyah”, kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota, Nilai – Nilai yang didapatkan pada Festival Nasyid ini, kita harapkan dapat mengiasi kehidupan masyarakat, sehingga pada gilirannya dapat menyuburkan dan memantapkan kerukunan hidup beragama, sekaligus meningkatkan harmonisasi sosial di tengah – tengah masyarakat kita yang multietnis, baik budaya dan agama.

“kebersamaan yang kita bangun melalui festival nasyid ini, kita harapkan juga dapat memberikan dukungan penuh untuk memacu pembangunan kota Medan menuju kota masa depan yang multicultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religious, sekaligus berkontribusi penting bagi pembangunan Sumatera Utara secara keseluruhan”, ujar WaliKota.

Selanjutnya, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan atas terselenggarakannya pelaksanaan Festival Nasyid ke –XX tingkat Sumut di Kota Medan, dan kepada peserta yang berhasil selamat atas prestasi yang diraih dan terus tingkatkan kemampuan agar dapat meraih prestasi di festival tahun depan.

“Terima kasih dan Apresiasi saya kepada Semua Pihak yang telah berkontribusi pada kegiatan ini dan pembangunan Kota, mari kita tumbuhkembangkan seni dan budaya pada Festival Nasyid ini guna menjadikan kekuatan social dalam membangun kota Medan khususnya membangun Sumatera Utara”, ungkap Eldin.

Sebelumnya Asisten Pemerintahan Kota Medan Drs Musadad selaku Ketua Panitia mengatakan cabang seni nasyid golongan dewasa putra putrid juara pertama mendapatkan Rp 12 juta, juara kedua Rp 11 Juta dan Juara ketiga mendapatkan uang sebanyak Rp 10 juta. Sedangkan cabang Qasidah bintang vokalis golongan dewasa, remaja dan kanak – kanak putra putri masing masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 5 juta, Rp 4,5 juta, dan Rp 4 juta rupiah.

Adapun pemenang festival nasyid untuk kategori Nasyid Klasik Remaja Putra, juara pertama diraih Kabupaten Serdang Bedagai, juara kedua Kabupaten Padang Lawas Utara dan juara ketiga diraih Kabupaten Deliserdang, untuk remaja Putri Kota Medan mendapatkan juara I, Kabupaten Serdang Bedagai juara II dan diikuti juara III oleh Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Sedangkan Kategori Nasyid Klasik Dewasa Putra, Juara I diraih Kabupaten Labuhan Batu Utara, juara II diraih Kota Medan dan juara III diraih Kabupaten Serdang Bedagai, untuk Dewasa Putri Kota Medan meraih juara Pertama, disusul Kabupaten Labuhan Batu Utara dan Kota Binjai di Juara Kedua dan Ketiga. (sumber)



Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :